Kepala Pusing usai Pesta Daging, Tanda Kolesterol Tinggi?

Kepala Pusing usai Pesta Daging, Tanda Kolesterol Tinggi?

Siapa yang bisa menolak berbagai hidangan spesial khas Idul Adha. Sate daging kambing, tongseng daging sapi, semua terasa nikmat bukan? Namun, bagi sebagian orang, pesta daging kurban bisa menjadi mimpi buruk. Kepala terasa pusing usai pesta daging, apakah benar itu tanda bahwa kolesterol tinggi?

Semua jenis daging memang mengandung kolesterol, apalagi pada bagian berlemaknya, lebih tinggi. Kolesterol sebetulnya adalah zat yang penting bagi tubuh. Namun demikian, ia bisa jadi gangguan jika konsumsinya berlebihan. Menurut American Heart Association, kolesterol bisa menyumbat arteri.

Pusing usai Makan Daging, Apakah Tanda Kolesterol Tinggi?

Pusing Tanda Kolesterol Tinggi

Seperti yang kita ketahui, penumpukan kolesterol memang bisa memicu terjadinya aterosklerosis. Kondisi ini bisa membuat pembuluh darah semakin sempit, sehingga aliran darah ke otak terhambat. Saat terhambat, pusing menjadi salah satu gejala yang muncul karena otak kekurangan oksigen.

Selain pusing, otak yang kekurangan oksigen dan nutrisi bahkan bisa mengalami pingsan pada kasus yang lebih berat. Namun demikian, menurut Prof. Tjandra Yoga Aditama, pusing seusai mengonsumsi daging sapi atau kambing tidak selalu terjadi karena kadar kolesterol yang naik. Mengapa begitu ya?

Kasus kepala pusing ini biasa terjadi ketika bangun tidur. Lebih lanjut lagi, Prof. Tjandra menjelaskan jika penyebabnya bisa bermacam-macam. Pusing juga bisa muncul tanpa ada penyakit, contohnya akibat kurang tidur atau mimpi buruk. Jadi, hal tersebut tidak bisa langsung disimpulkan karena kolesterol.

Yang Perlu Dilakukan saat Pusing usai Makan Daging

Untuk memastikan pusing tersebut muncul akibat kolesterol atau bukan, caranya hanya dengan pengecekan kadar di laboratorium. Sementara itu, ketika terjadi pusing usai memakan daging, Prof. Tjandra menyarankan untuk tidur selama 2-3 jam, mandi air hangat, dilanjutkan dengan minum teh hangat.

Menurut beliau, sakit kepala biasanya akan hilang dengan cara tersebut. Namun, jika tidak kunjung reda, beliau menyarankan untuk meminum parasetamol dan analgesik 1 tablet saja. Tunggu beberapa jam, jika belum pulih, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol ke dokter.

Apa Ciri Lain dari Kolesterol Tinggi?

Daging Kolesterol

Meski kadar kolesterol hanya bisa diketahui melalui pengecekan, tanda-tanda kolesterol tinggi terkadang terasa di beberapa bagian tubuh. Sayangnya, kolesterol memiliki tanda yang cenderung mirip dengan kondisi lain, sehingga jarang disadari. Apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi tersebut?

1. Nyeri Bagian Tengkuk

Meski tidak selalu demikian, nyeri di bagian tengkuk memang bisa menjadi salah satu tanda tingginya kolesterol dalam darah. Penyebab nyeri ini adalah penumpukan plak di pembuluh darah sekitar leher. Disebut juga aterosklerosis, tumpukan plak ini juga bisa terbentuk dari lemak dan zat lain.

2. Mudah Lelah

Penyempitan pembuluh darah akibat plak bisa mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otot dan jaringan. Kurangnya oksigen dan nutrisi menyebabkan beberapa bagian tubuh mudah lelah. Kolesterol tinggi juga bisa meningkatkan risiko anemia, yang sama-sama membuat tubuh mudah merasa lelah.

Terlebih, jika penumpukan terjadi pada pembuluh darah di kaki, penderitanya akan sering merasa nyeri, kram, kesemutan, hingga kaki terasa dingin. Pada kondisi ini, aliran darah ke kaki menjadi jauh berkurang. Seperti gejala pada bagian tubuh lain, kaki mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi.

3. Nyeri Dada

JIka kadar kolesterol naik terlalu tinggi, plak bisa saja menumpuk di pembuluh darah jantung, aliran darah ke jantung menjadi terhalang hingga menyebabkan nyeri dada. Yang berbahaya, jika aliran darah benar-benar terhenti, dalam beberapa waktu hal ini bisa menyebabkan serangan jantung mendadak.

Penutup

Pusing usai makan daging sapi atau kambing, belum tentu muncul akibat kolesterol tinggi. Pusing bisa timbul karena berbagai macam hal. Untuk mengetahui secara pasti, apakah rasa pusing muncul dari kolesterol atau bukan, penderita sebaiknya melakukan cek kadar kolesterol di laboratorium.

Dan untuk mencegah atau membantu menurunkan kadar kolesterol, penderita bisa memanfaatkan Habbatus Sauda 4 in 1. Obat herbal ini terbuat dari Nigella sativa, Olea europaea, VCO, dan propolis. Produk ini telah mendapatkan izin BPOM, selain berkhasiat tentunya sudah dijamin keamanannya.

Habbatus Sauda 4 in 1 200 Kapsul

BELI SEKARANG