Siapa Sangka, Air Kelapa Tua Bisa Bantu Pemulihan Pasca Stroke

Siapa Sangka, Air Kelapa Tua Bisa Bantu Pemulihan Pasca Stroke

Kelapa tua tentu bukan hal yang asing bagi kita. Masyarakat hampir setiap hari memanfaatkannya untuk memasak. Namun sayang, kebanyakan hanya mengambil buah dagingnya saja untuk dibuat menjadi santan. Padahal, menurut dr. Zaidul Akbar, airnya bisa bantu pemulihan pasca sakit stroke.

Mungkin tidak mengherankan, air kelapa tua memang cenderung memiliki rasa tidak sedap. Beda dengan air kelapa yang masih muda, memiliki rasa yang nikmat dan juga segar. Tapi, jangan salah, air kelapa yang sering diabaikan ini ternyata memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Nutrisi pada Air Kelapa Tua

Kelapa Tua untuk Pemulihan Pasca Stroke

Air kelapa tua memiliki kadar gula yang jauh lebih rendah daripada air kelapa muda. Meski rasanya menjadi kurang sedap, namun manfaat dan khasiatnya menjadi lebih baik. Pada secangkir air kelapa tua, terkandung hanya 44 kalori saja. Terlebih, minuman ini juga bebas lemak. Air kelapa tua juga punya berbagai nutrisi lainnya, seperti berikut!

  1. 10 gram karbohidrat.
  2. 0,5 gram protein.
  3. 10 gram gula.
  4. 64 miligram natrium.
  5. 404 miligram kalium.
  6. 24 miligram vitamin C.

Khasiat air kelapa tua juga datang dari beragam vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B1, mangan, zat besi, fosfor, dan seng. Variasi nutrisi tersebut memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus yang baik untuk menjaga kesehatan, salah satunya pada saat pemulihan pasca stroke.

Cara Bantu Pemulihan Pasca Stroke dengan Air Kelapa Tua

dr. Zaidul Akbar adalah seorang pendakwah, dokter, dan praktisi herbal yang cukup terkenal. Beliau salah satunya membagikan resep yang baik untuk pemulihan pasca stroke melalui bukunya, Resep Sehat JSR. Menurut buku terbitan tahun 2021 ini, kita bisa memanfaatkan air kelapa tua bersama bahan-bahan lainnya, seperti berikut!

Bahan

  1. 1 buah air kelapa tua.
  2. 3 kapsul bubuk habbatus sauda.
  3. 3-5 buah kurma.
  4. Madu murni secukupnya.

Cara dan Langkah

Kapsul habbatus sauda sendiri sudah banyak tersedia di toko-toko herbal. Sangat jarang toko yang menjualnya dalam bentuk bubuk utuh, untuk itu kita bisa memanfaatkan sediaan kapsul bubuk dari produk terpercaya yang sudah terdaftar BPOM, seperti Habbatus Sauda Habasyi HIU. Lalu, untuk pengolahannya sebagai berikut!

  1. Kupas kapsul habbatus sauda hingga menyisakan bubuknya saja. Lalu, campurkan dengan air kelapa tua menggunakan blender.
  2. Jika sudah, biarkan hasil blender sebentar saja hingga airnya mengendap.
  3. Pisahkan endapannya dan cukup ambil air jernihnya saja.
  4. Tambahkan madu sesuai selera pada air tersebut.
  5. Minum bersamaan dengan konsumsi kurma dalam keadaan perut kosong.

Penutup

Resep dari dr. Zaidul Akbar tersebut, selain baik untuk pemulihan pasca stroke juga baik untuk meningkatkan stamina dan mencegah berbagai penyakit degeneratif lainnya. Selain air kelapa tua, pastikan memilih produk habbatus sauda bubuk yang terjamin kualitasnya, seperti Habbatus Sauda Habasyi HIU dari Herbal Indo Utama.

Kapsul Habbatus Sauda

BELI SEKARANG