Dari Atasi Jerawat dan Flek Hitam, Berikut Alasan Mengapa Minyak Habbatus Sauda Bagus untuk Kulit

Dari Atasi Jerawat dan Flek Hitam, Berikut Alasan Mengapa Minyak Habbatus Sauda Bagus untuk Kulit

Kulit adalah organ tubuh yang paling penting dan kita semua setuju, kulit harus dirawat hanya dengan komposisi bahan alami yang terbaik dan tanpa senyawa berbahaya untuk memberikan kondisi kulit yang paling optimal. Ketika membahas permasalahan kulit, tentunya kita lebih suka menggunakan bahan yang cenderung sederhana, aman, dan padat nutrisi.

Minyak habbatus sauda, atau sering juga dikenal dengan nama black seed, black cumin, atau kalonji adalah herbal alami yang mungkin bisa disebut sebagai perawat kulit yang ampuh. Bagai hidden gem, bahan alam ini kaya akan nutrisi yang baik untuk kulit, namun sangat jarang dibahas. Berasal dari dataran tinggi Timur Tengah, Mediterania, hingga Asia Selatan, habbatus sauda lebih dikenal sebagai suplemen peningkat imunitas tubuh.

Dikemas dengan komposisi antioksidan dan sifat melawan peradangan, habbatus sauda mengandung banyak asam lemak esensial, vitamin, asam amino, dan flavonoid. Semua bahan tersebut, bekerja sama dalam memberi efek melembapkan, menutrisi, dan melawaan penuaan dengan cukup efektif. Selain bagus dalam merawat rambut dan kesehatan tubuh, minyak habbatus sauda juga bagus untuk kulit. Mengapa?

Alasan Habbatus Sauda Bagus untuk Kulit

Habbatus sauda, secara alami dikemas bersama dengan vitamin A dan asam amino. Penggunaan minyak habbatus sauda pada wajah akan membantu mengurangi jerawat dan juga bekas jerawat kemerahan atau yang sudah menghitam. Habbatus sauda bersifat melawan peradangan dan bakteri secara alami, minyaknya akan mengurangi kemunculan jerawat dan flek. Sementara itu, antioksidan akan membantu mempercepat regenerasi sel kulit.

Sangat bergizi dan kaya nutrisi. Penggunaannya pada kulit akan memberikan efek yang sehat. Habbatus sauda kaya akan asam nabati dan asam lemak esensial, senyawa tersebut turut berperan dalam membantu menjaga penghalang lipid kulit. Bila digunakan secara rutin, minyak habbatus sauda juga akan mencegah kulit kering.

Secara alami, habbatus sauda membawa sifat melawan efek histamin dan mikroba. Seperti poin sebelumnya, habbatus sauda mampu menyehatkan kulit. Sebagai penumpas mikroba dan bakteri, minyaknya juga cukup bisa diandalkan untuk mengobati penyakit kulit, seperti ruam, eksim, psoriasis, hingga gatal dan iritasi.

Thymoquinone adalah jenis antioksidan yang terdapat dalam habbatus sauda dengan jumlah yang banyak. Antioksidan adalah agen anti penuaan kulit nomor satu. Komponen aktif ini bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang merusak sel kulit melalui oksidasi. Radikal bebas sendiri adalah penyebab kerutan dan kulit layu karena dapat mencuri oksigen dari kulit.

Selain empat poin sebelumnya, dilansir dari sebuah riset Human and Experimental Toxicology pada tahun 2018, thymoquinone dalam habbatus sauda memiliki kemampuan dalam menangkal gejala penyakit Alzheimer. Habbatus sauda membantu meningkatkan daya ingat jika dikonsumsi dengan cara diminum.

Apakah Habbatus Sauda Aman untuk Kulit?

Ya, minyak habbatus sauda cocok untuk hampir semua jenis kulit. Minyak ini, selain memberi kelembapan juga membantu menutrisi kulit. Dengan pemakaian secara tepat, minyak ini akan bekerja dengan epidermis untuk menghasilkan sebum, semacam zat pelapis kulit alami, yang pada gilirannya akan membuat kulit tetap lembap. Minyak ini juga mengandung asam folat yang dapat memperkuat fungsi pelindung kulit.

Sifatnya yang melawan peradangan, bakteri, dan penuaan bagus untuk mengurangi kemerahan pada kulit. Niasin dalam minyak ini membantu merangsang kulit dalam memproduksi elastin dan kolagen, sekaligus mengurangi benjolan, iritasi, dan mengatasi kerutan. Seiring waktu, kombinasi asam amino, asam lemak esensial, dan vitamin A dalam minyak ini akan membantu meregenrasi sel kulit dan mengurangi jaringan parut.

Karena habbatus sauda berasal dari bahan alami, penggunaannya pada kulit cenderung aman dan tidak menyebabkan efek samping. Namun, untuk penggunaannya sebagai terapi penyakit kulit, seperti iritasi atau ruam, ada baiknya aplikasikan sedikit demi sedikit untuk menguji apakah kulit meresponnya dengan baik atau tidak.

Cara Menggunakan Habbatus Sauda untuk Kulit

Habbatus Sauda Oil

Cara menggunakan minyak habbatus sauda untuk kulit cukup mudah. Minyak habbatus sauda murni bisa dioleskan langsung ke bagian kulit, seperti wajah atau tangan. Selain itu, bisa juga dijadikan masker. Setelah diaplikasikan, tunggu beberapa saat sebelum dibilas. Pastikan hanya memilih sediaan minyak murni dan terdaftar ke BPOM, seperti Habbatus Sauda Habasyi Oil HIU yang bisa dibeli di toko online resmi Herbal Indo Utama.