Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi dengan Cermat, Waspada Jika Gejalanya Muncul!

Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi dengan Cermat, Waspada Jika Gejalanya Muncul!

Hiperglikemia atau kelebihan gula darah sering dijumpai pada penderita diabetes, khususnya mereka yang tidak melakukan gaya hidup sehat. Kondisi ini bisa terjadi ketika kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Penyebab tingginya gula darah juga beragam.

Umumnya, tubuh manusia mengatur kadar gula darah dengan bantuan insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas. Namun, bagi sebagian orang, mekanisme ini terganggu, sehingga mereka lebih rentan mengalami hiperglikemia. Ketika kadar gula darah mencapai angka di atas batas normal, berbagai gejala dapat muncul.

Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi

Gula atau glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh. Asupan gula yang masuk akan diproses oleh insulin menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika hormon insulin mengalami gangguan, maka glukosa tidak dapat diubah menjadi energi.

Walau sering muncul pada penderita diabetes, hiperglikemia adalah kasus yang berbeda. Hiperglikemia adalah salah satu penyakit yang memengaruhi diabetes. Kemunculannya ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Apa saja penyebabnya?

1. Resistensi Insulin

Bisa dibilang, resistensi insulin adalah penyebab paling umum dari gula darah tinggi. Kondisi ini terjadi akibat gangguan sensitivitas insulin. Penyebabnya adalah sel-sel di otot, lemak, dan hati tidak merespons dengan baik terhadap sinyal insulin. Akibatnya, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel dengan efisien.

Resistensi Insulin

Pankreas merespons tingginya gula darah dengan memproduksi lebih banyak insulin sebagai upaya menurunkan glukosa dalam darah. Tingkat insulin di dalam tubuh menjadi naik, namun sel-sel tidak merespons sebagaimana mestinya. Dalam jangka panjang, resistensi insulin menyebabkan pankreas lelah dan produksi insulin menjadi turun. Gejala ini adalah salah satu penyebab diabetes tipe 2.

Penyebab resistensi insulin meliputi berikut:

  1. Obesitas.
  2. Kurang aktivitas fisik.
  3. Pola makan tidak sehat.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu.
  5. Kondisi hormonal tertentu.

Resistensi insulin dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sehat. Adopsi pola makan yang seimbang, lakukan bersamaan dengan rutin berolahraga dan kelola berat badan secara tepat. Mengatasi resistensi insulin sejak dini adalah langkah penting untuk mencegah perkembangan diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan terkait.

2. Pankreas Bermasalah

Pankreas

Pankreas memiliki peran yang penting dalam mengatur kadar gula darah melalui produksi hormon insulin. Namun, bermacam-macam kondisi yang mengganggu kesehatan pankreas juga dapat memengaruhi produksi insulin dan menyebabkan kadar gula dalam darah tinggi.

Masalah pankreas penyebab hiperglikemia meliputi berikut:

  1. Penyakit autoimun.
  2. Pankreatitis kronis.
  3. Kanker pankreas.
  4. Fibrosis kistik.

Penyakit autoimun yang menyerang pankreas adalah salah satu penyebab diabetes tipe 1. Sistem kekebalan tubuh yang keliru malah menyerang dan merusak sel pankreas. Seiring dengan kerusakan sel, produksi insulin akan menurun, bahkan bisa berhenti total.

Pankreatitis kronis atau peradangan pada pankreas dalam jangka yang lama juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan pankreas. Begitu juga dengan kanker pankreas, kedua gejala ini dapat menyebabkan gangguan dalam pengaturan gula darah.

3. Stres Fisik dan Emosional

Stres

Saat menghadapi stres fisik, seperti penyakit, pembedahan, atau cedera, tubuh perlu lebih banyak energi untuk pemulihan. Untuk memenuhinya, tubuh melepaskan hormon stres, seperti glukagon dan kortisol yang meningkatkan produksi glukosa di hati. Hal ini bertujuan untuk menyediakan energi tambahan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Selain itu, stres emosional akut juga turut berdampak pada kadar gula darah. Ketika seseorang mengalami trauma emosional, tubuh merespons dengan melepaskan hormon stres, terutama kortisol dan epinefrin. Hormon ini memicu pelepasan glukosa dari hati dan meningkatkan resistensi insulin, yang menyebabkan gula darah naik.

Untuk penderita diabetes, peningkatan gula darah akibat stres lebih sulit diatasi karena gangguan mekanisme pengaturan insulin. Sementara peningkatan gula darah karena stres pada orang tanpa diabetes biasanya tidak menjadi masalah serius, tubuh akan mengembalikan kadar normalnya seiring berkurangnya stres.

Gejala Kadar Gula Darah yang Tinggi

Hiperglikemia biasanya tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Gejala baru akan muncul ketika kadar glukosa dalam darah berada di atas 180 hingga 200 mg/dL. Gejala hiperglikemia cenderung berkembang secara perlahan selama beberapa hari atau bahkan minggu, tergantung pada seberapa tinggi kadar gula darahnya.

Kadar Gula Normal Berdasar Usia

Bahkan, pada beberapa orang yang sudah lama menderita diabetes tipe 2, gejala hiperglikemia mungkin tidak selalu tampak atau bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini terjadi karena tubuh telah menyesuaikan diri dengan kadar gula darah yang tinggi selama periode waktu yang lama.

Beberapa gejala awal meliputi berikut:

  1. Sering buang air kecil.
  2. Rasa haus meningkat.
  3. Penglihatan kabur.
  4. Merasa lemah dan gampang lelah.

Hiperglikemia yang tidak ditangani bisa menyebabkan ketoasidosis. Kondisi ini muncul ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin untuk mengangkut glukosa ke dalam sel tubuh. Akibatnya, tubuh mulai membakar lemak sebagai pengganti energi, proses ini akan menghasilkan zat sampingan bernama keton yang beracun.

Beberapa gejala ketoasidosis meliputi berikut:

  1. Napas berbau buah.
  2. Mulut kering.
  3. Sakit perut.
  4. Mual dan muntah.
  5. Sesak napas.
  6. Kebingungan.

Penting untuk melakukan pengecekan gula darah secara rutin. Selain itu, jalani gaya hidup sehat dengan pola makan yang seimbang, aktivitas fisik yang cukup, dan kelola berat badan yang ideal. Untuk membantu menurunkan gula darah yang tinggi, produk Habbatus Sauda 4 in 1 juga bisa dimanfaatkan. Produk herbal ini berisi habbatus sauda, propolis, dan gabungan bahan alami lainnya yang merupakan obat alami untuk menurunkan gula darah.

Habbatus Sauda 4 in 1 200 Kapsul

BELI SEKARANG